10 Peluang Bisnis Mahasiswa Ini Nyaris Tanpa Modal, Kamu Berani Coba?

Pelajar.me – Siapa sih yang gak pengen mandiri saat tengah kuliah. Bisa biayain kuliah sendiri, gak terlalu membebani orang tua lagi. Bahkan kalau perlu juga bisa bantu-bantu, meringankan beban orang tua dan mengirimkan uang setiap bulannya. Bisa aktif kuliah sambil bisnis juga, mau? Pasti mau dong ya, siapa juga yang tidak mau jadi anak yang bisa dibanggakan, jadi mahasiswa dengan sekian pencapaian.

Berbisnis saat kuliah itu bukanlah suatu yang baru, justru di sebagian kampus malah ada program mahasiswa wirausaha di mana mahasiswa mereka modalin buat bisnis. Keren ya, tapi bagaimana kalau kampusmu belum punya hal yang seperti itu. Tapi, kamu tetap ingin mencoba berwirausaha di antara kesibukan kuliahmu. Tenang Sob, 10 peluang bisnis mahasiswa ini bisa kamu lakukan dengan modal yang kecil bahkan nyaris nol!

#1 Menjadi agen pulsa atau kuota data

Jual pulsa 😛 (memegenerator.net)

Bisnis mahasiswa yang paling mudah untuk dikerjakan itu–dan paling mainstream di saat yang sama–adalah menjadi agen pulsa atau paket data. Kamu bisa mendaftar di kios-kios atau bisa juga memanfaatkan tabunganmu di bank dengan layanan mobile banking. Peluang usaha ini cukup menjanjikan pasalnya saat ini bukan cuma hape yang berpulsa, listrik pun berpulsa dan lain sebagainya. Cuma,… nih, yang perlu kamu wanti-wanti banget, jangan biarkan pembeli ngutang pulsa karena itu akan membuat usahamu tidak akan bertahan lama karena terbenamnya modal! Pakailah prinsip, ada uang ada barang.

#2 Berjualan dengan sistem dropship atau reseller

(nupinupi.com)

Bagi kamu yang pernah kepikiran untuk berjualan, zaman sekarang berjualan gampang. Kamu gak perlu punya produk sendiri, kamu bisa menjualkan produk orang lain dengan sistem yang namanya dropship ataupun reseller. Ini lagi tren banget lho, apalagi di dunia media sosial seperti sekarang ini. Dan, banyak juga yang bisa sukses dengan bisnis seperti ini. Mungkin yang akan sukses selanjutnya adalah kamu.

#3 Ngampasin produk orang lain juga bisa lho

Pernah dengar kata “ngampas” gak? Itu lho, kamu ambil produk orang kemudian kamu distribusikan ke toko-toko. Cara ini bisa diadopsi oleh mahasiswa yang pengen usaha dan mandiri saat kuliah. Tapi barang yang dipilih jangan besar-besar, yang kecil-kecil aja, misalnya kamu ngampasin kue kering ke warung-warung kecil di kampus. Untung yang kamu dapatkan adalah margin atau selisih harga jual dari harga yang ditetapkan produsen sama harga yang kamu tetapkan untuk warung-warung kecil itu. Misalkan dari 1 warung kamu bisa dapat 5rb rupiah, sepuluh warung bisa 50rb tuh. Lumayan buat nombokin kebutuhan sehari-hari.

#4 Atau kamu juga bisa jual jasa dengan keahlian yang kamu punya

(pixabay.com)

Percayalah kalau hobi yang kamu punya bisa diuangkan. Misalnya kamu yang hobi fotografi bisa jadi fotografer lepas. Kamu yang hobi ngoding dan desain bisa jadi pekerja lepas juga. Begitupun kamu yang hobi menulis, bisa jadi penulis lepas juga. Di samping itu kamu boleh juga promosi jasa kamu ke orang-orang, di sosial media atau di mana gitu. Kalau kamu di-hire kamu bisa sepakati honor dengan klien. Selain itu di internet juga banyak situs penghubung pekerja lepas dengan pembuat proyek kok.

#5 Ssttt,… bisnis kaos ala distro sangat diminati oleh anak muda saat ini

Dengan kemampuan desain kamu bisa mengembangkan kerajaan bisnismu ke bisnis kaos distro yang gak ada matinya. Anak muda selalu pengen tampil gaya. Kamu bisa memanfaatkan isu yang sedang hangat untuk dibuatkan ke kaos kemudian menawarkannya ke orang-orang. Jangan khawatir, kamu tidak perlu mengambil resiko dengan mencetak duluan baru dijual, kamu bisa buka metode pre order kok. Pesan dulu, bayar baru cetak. Untuk tempat percetakan kamu bisa kerja sama dengan konveksi yang ada.

#6 Buka jasa ngajar private

(sumber)

Ilmu yang sedang kamu pelajari di kampus barangkali bisa membantumu untuk mendulang rezeki. Atau kemampuan bahasa asing yang kamu punya bisa juga. Kamu bisa membuka jasa les prifat dan menawarkan ke bapak atau ibu dari keluarga menengah ke atas yang memang pengen anaknya cemerlang di sekolah. Selain bisa mendapatkan uang dengan cara ini, secara langsung kamu juga melatih kemampuan komunikasimu lho.

#7 Berjualan barang bekas cukup menjanjikan juga

Barang bekas yang ada di sekitar masih ada nilai ekonomisnya lho, bisa diuangkan! Toh kalau misalnya kamu tidak punya barang tak terpakai yang bisa diuangkan, kamu bisa jadi makelar barang bekas. Caranya kamu bisa beli atau hunting barang dengan murah, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Hanya saja, perlu kejelian menentukan barang yang bakal laku di pasaran untuk menghindari resiko mengalami kerugian.

#8 Jualan tiket pesawat dan perjalanan wisata bisa dicoba

Semakin hari semakin banyak tempat wisata baru yang dibuka. Masyarakat pun semakin banyak yang pengen berlibur. Salah satu contoh bisnis mahasiswa yang bisa kamu coba adalah menjadi agen perjalanan atau menjual tiket. Bisnis ini memang membutuhkan modal yang lumayan di awal, tapi itu sebenarnya adalah investasi yang kamu anggarkan agar bisa bertransaksi dengan aman. Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan lho.

#9 Ngojek!

(sumber)

Apa pasal ngojek masuk ke dalam daftar bisnis mahasiswa ini? Eitsss, jangan salah, sekarang profesi ngojek sudah banyak dilakoni oleh orang lho. Bahkan banyak yang alih profesi dari pekerjaan sebelumnya ke ngojek. Terbukti menjamurnya ojek online dengan driver nya yang kece-kece, bahkan ada anak muda. Kamu bisa coba ngojek juga, minimal tawarkan ke orang-orang terdekat kamu.

#10 Bikin kerajinan tangan yang unik dan marketable

(sumber)

Kreatifitas kamu dalam membuat kerajinan tangan juga sangat bisa dijual lho. Zaman sekarang orang suka sama barang yang unik-unik dan handmade. Banyak banget kerajinan yang bisa kamu bikin yang gak perlu modal banyak. Bahkan kamu bisa menyulap barang bekas jadi kerajinan lho. Seperti perca jadi bros atau bunga dan lainnya, atau bisa juga bikin kerajinan dari kardus berkas.

Nah itulah 10 peluang bisnis mahasiswa yang layak kamu coba. Berbisnis saat kuliah tidak ada salahnya, justru itu lebih bagus karena dengan begitu kamu bisa mandiri. Hanya saja, saat memutuskan untuk berbisnis saat kuliah kamu harus bisa membagi waktu lebih baik lagi agar kuliah dan bisnismu sama-sama berjalan dengan baik.

Baca Juga Yuk

7 Tipe Teman Terbaik yang Patut Kamu Miliki Siapa sih yang gak pengen punya teman dalam hidupnya. Pasalnya, manusia yang notabene adalah makhluk sosial tidak akan bisa bertahan hidup tanpa berin...
Apa perbedaan Pacaran, HTS dan Backstreet? Mana yang lebih baik? Pelajar.me – Hai teman, sepertinya kita sudah gak asing lagi dengan 3 kata di judul itu. Terlebih dengan kata “pacaran”. Yang lebih jarang di dengar m...
Biar Tak Tertipu Hoax, 9 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini di satu sisi memberi dampak yang baik bagi masyarakat, karena informasi bisa didapatkan denga...
10 Pesan penting untuk pemain Pokemon GO sedunia Pelajar.me – Demam Pokemon GO benar-benar mewabah pesat! Tua muda, hari ini ikut uring-uringan keluar rumah, berkeliling-keliling komplek demi membu...