12 Siasat menjawab pertanyaan nyebelin kapan wisuda

Pelajar.me – Bagi kebanyakan mahasiswa, terlebih yang tahun akhir, ditanyai kapan wisuda itu nyesek sekali. Serius, gak bohong. Sebab kami juga pernah merasakannya. Entahlah, entah bagaimana pertanyaan tersebut selalu menjadi default question ketika bertemu kerabat ataupun teman, terlebih di hari Lebaran yang fitri atau hari besar lainnya.

Tida usah takut. Kamu masih bisa selamat dari pertanyaan yang membunuh (mental) itu. Gimana caranya? Ini ada 12 siasat menjawab pertanyaan “Kapan Wisuda” yang bisa kamu lakukan. Warning! Tidak semua cara ini boleh dicoba, yang paling penting adalah jangan pernah berpikir untuk berdusta demi selamat dari pertanyaan ganas ini!

#1 Manusia hanya dapat berencana, Tuhanlah yang menentukan

Nyatanya kamu sudah berencana untuk lulus cepat, kamu juga sudah berusaha sebaik mungkin. Namun barangkali memang belum masanya, doa-doa kamu dikabulkan. Perbanyak berdoa dan berusaha lagi. Perbaharui rencanamu lagi.

#2 Jurusan saya berkelas

Nyatanya untuk wisuda di jurusan yang tengah kamu pelajari bukan hal yang mudah. Ini jurusan berkelas. Jangan samakan dengan jurusan lain dong ya. Jadi kalau kamu ditanya kapan wisuda, jawab saja “gak seperti yang lain, jurusan saya memang susah lulus cepat”

#3 Teman seangkatan juga belum banyak wisuda

Ditanya lagi. Lagi dan lagi. Tahu gak, kalau di angkatan saya juga banyak yang belum wisuda. Jadi belum terlalu tertinggal, kan?

#4 Masih banyak yang belum saya capai di kampus

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di kampus, ketika kamu sudah lulus kamu tidak akan bisa lagi melakukannya. Oleh karena itu, selagi masih di kampus jangan lewatkan masa-masa itu. Secara hardskill kamu memang sudah baik, secara softskill bagaimana?

#5 Cepat wisuda tidak menentukan karir seseorang di masa depan

Tidak selamanya yang cepat wisuda punya nasib yang baik di masa depan. Toh, nasib kita masing-masing sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Yang penting kita sudah mencoba sebaik mungkin.

#6 Mencari contoh kerabat yang telat wisuda juga

Cara ini sebenarnya tidak bagus, tapi ya daripada nyesek ditanya terus, cari perlindungan boleh kan ya, hehe

#7 Coba bapak/ibu jadi saya

Masih ditanyai juga, mungkin puluhan kali hingga ratusan kali. Atau mungkin ribuan kali!

#8 Semua akan indah pada waktunya

Tenang, semua akan indah pada waktunya kok.

#9 Wisuda bukan segalanya

Wisuda bukan segalanya. Bahkan, presiden negeri ini ada yang tidak pernah wisuda. (pembenaran)

#10 Lagi proses

Lagi loading. Lagi on progress.

#11 Nanya lagi, saya…

Ah, sudahlah…

#12 No comment

Dicuekin aja gimana? Hehe

Nah, itulah tadi 12 siasat yang bisa kamu lakukan ketika banyak yang nanya kapan wisuda. Barangkali ada yang luput untuk kami tulis, oleh karena itu mohon tuliskan juga di kolom komentar. Oh ya, 12 siasat ini tidak untuk digunakan untuk kepentingan yang jelek ya, ini semata-mata untuk hiburan dan pelonggar tekanan tuntutan wisuda yang di depan mata. Tetap berjuang karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha.[]

Baca Juga Yuk

7 Cara Ampuh Bunuh Rasa Malas Sebelum Terlambat Pelajar.me - Orang bijak bilang, orang sukses adalah orang yang tidak membuang-buang waktunya di masa mudanya. Dengan kata lain, mereka adalah orang y...
5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar dari Diri Sendiri Pelajar.me - Motivasi belajar emang suka naik dan turun. Suatu ketika dia bisa sangat tinggi-tingginya, di waktu yang lain malah jatuh serendah-r...
Bingung pilih kerja atau S2? Coba pertimbangkan hal ini Pelajar.me - Kalau suatu waktu kamu bingung, itu wajar. Bukankah hidup kita selalu dipenuhi dengan pilihan-pilihan? Dan, salah satu pilihan yang membi...
7 Tips Mengerjakan TOEFL dengan Mudah Tips mengerjakan TOELF – Zaman sekarang kemampuan bahasa asing itu sudah menjadi syarat di banyak lowongan kerja atau beasiswa kuliah. Salah satunya a...