7 Alasan Ikut OSIS yang Wajib Kamu Tahu

Alasan Ikut OSIS – Halo teman-teman pelajar. Pernahkah kamu kepikiran untuk ikut di organisasi siswa yang paling besar dan kece di sekolah yang bernama Organisasi Intra Sekolah (OSIS)? Jika pernah, sebenarnya apa sih alasan bergabung dengan OSIS kamu? Pastilah kamu punya alasan tersendiri ya. Sebab sesuatu tanpa alasan tidak akan tuntas dan sepenuh hati untuk dikerjakan.

Beruntung jika kamu sudah menemukan motivasi ikut OSIS sebelumnya, namun bagi kamu yang belum punya alasan yang jelas. Berikut ini 7 alasan ikut aktif di OSIS yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu dan membuatmu tahu manfaat ikut OSIS itu secara tidak langsung.

alasan ikut osis

 

#1 Menambah kesibukan positif di sekolah

Sobat pelajar, salah satu alasan ikut OSIS yang tepat adalah untuk menambah kesibukan kita di sekolah dengan kegiatan bermanfaat. Sekolah sejatinya bukan hanya tempat untuk menerima pelajaran akademis di dalam kelas, tetapi juga pelajaran lain terutama pelajaran mengenai karakter. Nah, dengan ikut OSIS kamu akan punya kesibukan positif baru yang akan menyelematkanmu dari membuang-buang waktu dengan percuma.

#2 Memperbanyak teman dan membangun jaringan

OSIS itu tentunya gak diisi sama satu orang saja, banyak orang yang menjadi pengurus OSIS. Dengan demikian, kamu yang tergabung jadi pengurus OSIS akan punya teman baru dari kelas lain, baik yang seumuran, junior maupun senior. Memperbanyak teman adalah upaya membangun jaringan yang bakal berguna banget buat kamu di masa depan.

#3 Membiasakan diri bekerja dalam tim

Alasan ikut OSIS selanjutnya adalah untuk membiasakan diri kita bekerja dalam tim. Di dunia kerja kelak, pekerjaan kita butuh banget yang namanya teamwork alias kerja tim. Nah, ketika kamu ikut OSIS kamu akan terbiasa untuk itu dan akan enak ketika sudah kerja kelak.

#4 Menjadi pribadi yang bermanfaat

Manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Setuju? Salah satu cara menjadi bermanfaat adalah dengan melakukan kegiatan positif yang efeknya dapat dirasakan oleh banyak orang. Nah, OSIS adalah lembaga yang bisa memberi jalan bagimu untuk itu.

#5 Menambah kemampuan komunikasi kita

Next, alasan ikut OSIS selanjutnya adalah untuk menambah kemampuan komunikasi kita. Mereka yang sering ikut rapat OSIS, jadi panitia acara dan segala macamnya secara tidak sadar akan mengalami peningkatan pada kemampuan komunikasinya. Kalau dulu ngomong depan umum takut setengah mati, setelah ikut OSIS gak lagi. Gak percaya? Buktikan aja sendiri.

#6 Langkah awal belajar jadi pemimpin

Manfaat ikut OSIS lainnya yang dapat kamu jadikan alasan adalah membantumu belajar menjadi pemimpin. Sebelum kamu bisa menjadi pemimpin yang baik kamu harus punya pengalaman dipimpin. Mungkin setelah gabung OSIS nanti kamu baru jadi anggota biasa, tapi itulah proses, dan seiring perjalanan waktu bisa saja nanti kamu diamanahkan di posisi strategis lainnya.

#7 Penunjang prestasi akademis

Siapa bilang ikut OSIS itu tidak bermanfaat bagi akademis? Ada kali. Dengan ikut OSIS kamu akan lebih dikenal oleh para guru, dan itu bisa bermanfaat bagi akademis kamu lho. Biasanya guru-guru yang kenal kita akan beri perhatian khusus, kalau kita malas ditegur, kalau kita salah dimarahi. Secara tidak langsung itu dapat menambah nilai akademis kita.

Intip juga: 11 Alasan Ikut Rohis yang Rugi Kamu Lewatkan

Nah, itulah beberapa alasan ikut OSIS yang barangkali bisa kamu adopsi untuk jadi motivasi ikut OSIS kamu. Percaya deh, ikut OSIS itu banyak manfaatnya. Gak percaya? Buktikan aja sendiri.[]

Baca Juga Yuk

9 Bukti Mahasiswa Farmasi Itu Unik, Pantang Menyerah dan Punya Karakter Kuat Pelajar.me - Jadi mahasiswa farmasi itu banyak suka dan dukanya. Tidak hanya pusing akibat mikirin beban perkuliahan, seringkali mahasiswa farmasi har...
50 Kutipan Motivasi Belajar yang Dijamin Bangkitkan Semangat Belajarmu Pelajar.me - Munculnya rasa malas dalam belajar itu memang hal yang biasa. Sebagai manusia biasa, kita tentu rentan mengalami jenuh. Namun, kalau mala...
10 Negara Terbaik Untuk Tempat Kuliah di Luar Negeri Pelajar.me – Banyak di antara kita yang mempunyai cita-cita atau impian untuk kuliah di luar negeri. Benar gak? Udah, ngaku aja. Soalnya kuliah di lua...
Rahasia di Balik Marahnya Ortu, Kamu Akan Terharu Jika Mengetahuinya Pelajar.me – Teman-teman pelajar pasti pernah dong ya dimarahi sama orang tuanya masing-masing. Bahkan bukan cuma pernah lagi, tapi sering. Seringkali...