8 Alasan Masuk Jurusan IPA yang Tepat dan Tidak

Kalau dulu ya, masuk jurusan IPA/IPS dan lainnya itu baru bisa pas naik kelas XI, tapi sekarang jurusan sudah bisa dipilih pas masuk SMA/sederajat, alias kelas X. Dunia memang sudah berubah ya! Tapi, alasan masuk jurusan IPA rasanya gak pernah berubah deh.

Ketika kamu diminta untuk memilih jurusan di sekolah, banyak hal yang mesti kamu pertimbangkan. Jadi, gak bisa sembarangan lho. Kali ini kami baru membahas alasan masuk jurusan IPA (alasan masuk jurusan IPS-nya mungkin di lain waktu).

Alasan Masuk Jurusan IPA

Di antara alasan-alasan ini, kami kelompokkan menjadi alasan yang tepat dan alasan yang kurang tepat.

Kita mulai dari alasan yang gak benar dulu ya!

Alasan yang kurang tepat

Ikut-ikutan Teman

Suatu hari di depan sekolah Siska dan Ani bercakap-cakap.

“Kamu mau ambil jurusan apa?” tanya Siska.

“Aku IPA aja deh.” jawab Ani.

“Kok gitu, kenapa gak IPS aja.”

“Budi ambilnya IPA soalnya.”

“Yah, tadinya aku mau IPS, tapi kamu milih IPA, aku IPA aja lah, biar ada teman” seloroh Siska.

Well, Siska dan Ani sebenarnya gak salah, hanya saja mereka itu gegabah dan tidak siap dengan pilihannya. Mestinya sebelum memilih mereka cari tahu dulu bagaimana jurusan itu, agar gak terkejut pas sudah menjalani nanti.

Jangan pilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman ya, Sob.

Dipaksa Sama Ortu atau Keluarga Lainnya

Satu lagi yang paling sering menjadi alasan masuk jurusan IPA adalah karena tuntutan orangtua. Sobat pelajar, jika kamu mengalami kasus yang sama sementara kamu gak suka jurusan IPA, kami sarankan kamu ngomong baik-baik sama ortu atau keluarga lainnya kalau kamu tidak mau ambil IPA. Kemukakan alasan yang logis dengan cara yang benar, dan yakinkan mereka dengan kesungguhanmu.

Sebab kalau sesuatu dijalani dengan keterpaksaan, hasilnya tidak akan jadi bagus.

Biar Terlihat Keren dan Jenius

Entahlah ya, entah sejak kapan anggapan kalau IPA itu jurusan bergengsi ada. Ada juga yang punya alasan masuk jurusan IPA karena mikir IPA buat anak pintar. Please deh, kamu salah kaprah bray! Memangnya kepintaran itu cuma pintar matematis doang? Masih banyak kepintaran/kecerdasan lainnya, seperti kecerdesan interpersonal yang banyak dimiliki anak IPS. Kecerdasan musikal dan lainnya.

Tobat Sob! Jurusan apapun bisa jadi keren tergantung bagaimana kamu menjalaninya. Psssttt, keren itu hanya persepsi alias akal-akalan otak kita.

Biar Gampang Milih Jurusan Pas Kuliah Nanti

Ada lagi yang masuk IPA lantaran pengen gampang pilih jurusan untuk kuliah, misalnya dia dari jurusan IPA tapi pengen masuk akuntasi atau hukum. Saya cuma pengen bilang: kamu kebangetan! Well, mungkin banyak ya anak IPA yang nembus jurusan kuliah IPS karena ambil jalur IPC, tapi kalau kamu ujung-ujungnya seperti itu, namanya kamu gak komitmen dan plin-plan dalam menentukan jalan hidupmu.

Soalnya Kalau Jurusan IPS Anaknya Bandel

Banyak orang, bahkan guru-guru, bilang kalau anak IPS itu bandel-bandel, jadinya siswa baru takut ambil jurusan IPS. Hadeh, gak gitu juga kali. IPS itu bukan sarang anak bandel, tapi sarang anak aktif. Kamu kalau bersosial gak bisa jadi anak diem-diem kemudian pasif, kamu mesti bisa menarik perhatian orang-orang di sekitarmu. Anak-anak yang murni masuk IPS karena keinginan dia biasanya punya kemampuan sosial alami dalam dirinya.

Jadi, alasan masuk jurusan IPA kamu karena takut jadi anak bandel? Gak banget!

Alasan yang tepat

Kamu Lebih Pintar dalam Matematis dan Analisis

Setelah tadi kita bahas alasan yang kurang tepat, sekarang alasan yang benar alias tepat untuk masuk jurusan IPA. Kawan, pastikan kamu memilih IPA karena memang kamu punya modal atau bakat dalam kemampuan matematis dan analisis. Kalau kamu susah dalam berhitung jangan ambil IPA, nanti kamu bisa stres.

Intinya, pastikan kamu punya persiapan untuk maju bertarung selama SMA/sederajat di jurusan yang telah kamu putuskan.

Punya Impian atau Cita-cita di Bidang Eksakta

Alasan masuk jurusan IPA yang benar lainnya adalah saat kamu punya impian atau cita-cita di bidang ilmu alam atau eksakta. Misalnya kamu pengen jadi dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Kamu pengen jadi insiyur teknik, pertanian dan lainnya. Sudah barang tentu kamu harus ambil jurusan IPA bukan?

Kalau ambil IPS? Impianmu bakal jadi jauh!

Keinginan dari Hatimu Sendiri, Bukan Paksaan Orang Lain

Dan alasan yang tak kalah penting lainnya adalah memilih jurusan karena keinginan sendiri, dari hati sendiri, bukan dari hati orang lain. Bukan karena tuntutan atau paksaan orang lain. Wong, yang bakal jalani kamu. Kenapa mesti nurutin orang lain? Yang penting bisa mengkomunikasikannya dengan baik dengan orang-orang yang ada di sekitar kamu.

Baca juga: Kita Menjadi Pelajar Sukses dan Berprestasi

Nah, sobat pelajar, itulah tadi beberapa alasan masuk jurusan IPA baik yang kurang tepat dan yang tepat. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini kamu bisa berpikir lebih matang dan siap sebelum memutuskan jurusan yang akan kamu jalani. Dan kalau kamu terbantu dengan artikel ini, jangan lupa bagikan di media sosial ya. Sukses!

Baca Juga Yuk

Tips taklukkan pelajaran matematika dengan mudah Pelajar.me - Belajar matematika itu sulit. Sumpah. Ah, masa? Tapi begitulah, baik pelajar maupun mahasiswa seringkali mengeluh dengan susahnya me...
7 Tips ampuh agar tidak grogi saat tampil di depan umum Pelajar.me - Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, yakinlah, akan ada masa di mana kamu akan dipaksa untuk tampil di depan umum, seminimal-mini...
5 Tips ampuh agar sukses di usia muda Pelajar.me – Sukses di usia muda, siapa yang gak mau coba. Terlebih saat masih menjadi pelajar, siswa maupun mahasiswa. Bisa jadi seorang sukses. Mand...
7 Rahasia cepat mendapatkan beasiswa Pelajar.me - Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk mengambil kuliah S2 karena persoalan biaya. Memang sih, biaya kuliah S2 gak murah tapi ...