Berbisnis di sekolah? Kenapa tidak

Credit spedaontel.wordpress.com

Pelajar.me – Sekolah tidak hanya sebagai tempat belajar, di luar itu sekolah bisa juga sebagai tempat mengembangkan potensi diri, salah satunya adalah potensi berbisnis. Buat yang pengen belajar bisnis, sekolah adalah tempat yang pas banget. Di samping melatih dirimu, berbisnis di sekolah juga dapat menambah uang jajan bahkan biaya beli buku dan keperluan sekolah lainnya.

Tapi, tidak banyak teman-teman kita yang berani berjualan di sekolah. Alasannya karena malu, takut disangka ini atau disangka itu. Yah, kalau malu diturutin sih kapan kita majunya. Nah, biar kamu berani berbisnis di sekolah, pelajar.me bakal kasih kamu tipsnya. Disimak ya!

Mesti pede dan cuek

Buat kamu yang masih malu, buang jauh-jauh deh rasa malu itu. Berjualan itu bukan suatu perbuatan tercela. Berjualan justru perbuatan terpuji, apalagi kalau kamu bantu jualin dagangan orangtua kamu. Nah, kalau ada yang cemooh dan segala macam, cuekin aja. Pede dan cuek itu kunci sukses dalam berbisnis lho.

Berani menanggung resiko

Tidak ada jaminan semua barang dagangan kamu laku, oleh karena itu kamu harus berani menanggung resiko jika itu terjadi. Untung dan rugi itu suatu yang biasa dalam berbisnis. Jangan sampai putus asa, jika hari ini belum laku, masih ada hari-hari setelahnya.

Komunikatif dan pandai menawarkan barang

Kalau niat jualan jangan cuma diam-diam mantengin jualannya, kamu juga harus pandai berkomunikasi dan mempromosikan barang daganganmu. Istilahnya ngiklan. Bahkan kalau perlu tawarkan ke kelas sebelah atau bahkan guru-guru.

Sabar

Namanya berbisnis harus dengan kesabaran. Sabar menghadapi pembeli, sabar semuanya deh. Jangan keburu kesel kalau ada yang banyak-banyak nanya tapi ujung-ujungnya gak beli. Layanilah calon pembelimu dengan baik karena pembeli adalah raja.

Berbisnis di usia muda akan melatih dirimu untuk terbiasa berjuang dalam hidup. Berbisnis juga bakal bikin kamu semakin mandiri. Orangtua kamu pasti bangga deh kalau kamu mandiri. Tapi harus ingat, jangan sampai berbisnis malah membuat nilai kamu rendah. Jadilah pelajar berprestasi secara akademis maupun non akademis.

Tertatik untuk berbisnis di sekolah? Atau malah kamu punya cerita jualan di sekolah, yuk bagikan cerita kamu di komentar. Semoga cerita kamu dapat menginspirasi banyak orang.[]

Baca Juga Yuk

9 Hal Istimewa yang Bikin Cewek dan Cowok Berkacamata Sangat Menawan Pelajar.me - Kalau kita coba lihat sejarah, menggunakan kacamata dulunya adalah sesuatu yang bisa dikatakan memalukan bagi seseorang. Mungkin karena p...
Apa perbedaan Pacaran, HTS dan Backstreet? Mana yang lebih baik? Pelajar.me – Hai teman, sepertinya kita sudah gak asing lagi dengan 3 kata di judul itu. Terlebih dengan kata “pacaran”. Yang lebih jarang di dengar m...
11 Tips Hemat Super Ekstrim Ala Anak Kost yang Akan Selamatkan Dompetmu Hai, sobat pelajar! Sebagai mahasiswa dan anak kos sudah barang pasti kita mesti berjuang untuk berhemat-hemat dengan uang saku yang ada. Pasalnya, ua...
5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Saat Jam Istirahat Pelajar.me – Apa yang biasanya teman-teman lakukan saat jam istirahat? Hal yang paling umum adalah makan atau bercerita dengan teman-teman. Tapi, ada ...