5 Cara Ampuh Agar Kamu Dikenal Dosen

Dunia kampus dengan sekolah sebenarnya tidak jauh bedanya. Tetap ada pengajar/pendidik dan anak didik. Hubungan yang terjadi juga sama. Hanya saja mungkin bedanya di seberapa intens hubungan yang terjalin. Di sekolah guru mudah akrab dengan murid karena faktor-faktor tertentu. Tapi kalau di kampus, mahasiswa akrab sama dosen kayaknya jarang banget deh.

Tapi bukan berarti tak ada atau tak bisa lho ya! Di segmen tips kali ini kami ingin berbagi denganmu tentang cara ampuh agar kamu dikenal dengan dosen.

Eh, apa untungnya? Banyak Sob! Kalau kamu dikenal dosen urusan akademik bisa lancar. Urusan non-akademik seperti ekstrakurikuler juga bisa. Dan yang paling penting bisa nambah relasi plus berbagai manfaat lainnya. Nah, untuk caranya, kamu bisa praktekin beberapa cara di bawah ini.

Jadi asisten dosen (asdos) dadakan

Kalau asdos beneran sih sudah pasti dikenal sama dosennya kan? Tapi gimana buat kita yang bukan asdos? Apalagi kita yang maba alias anak baru di kampus (bau SMA-nya masih kerasa banget). Cara paling mudah agar dikenal dosen adalah dengan jadi asdos dadakan. Misalnya kalau dosen butuh bantuan untuk menyalakan proyektor, kita bantu. Dosen butuh bantuan membersihkan papan tulis, kita bantu. Kalau ada peluang membantu yang lainnya (terkait akademis ya) kita bantu. Dan yang terpenting lakukan dengan niat yang baik dan setulus hati agar ia juga bebuah pahala.

Sering maju dan aktif di dalam kelas

Menjadi mahasiswa yang aktif memberikan kamu peluang yang besar untuk dikenal oleh dosen. Kalau ada kesempatan menjawab soal di depan kelas, maju aja. Kalau ada diberi kesempatan untuk bertanya, ya bertanya aja. Kalau ada tugas dan presentasi kelompok, pastikan dirimu yang paling aktif. Keaktifanmu akan menjadi nilai tambah bagi dosen untuk menilai pribadimu, bahkan bisa juga untuk memberi nilai tambah bagi nilai akhir mata kuliahmu.

Jangan lupa sapa dosen setiap bertemu di kampus bahkan luar kampus

Orang yang ramah tentu akan disenangi. Tidak terkecuali mahasiswa yang ramah. Sapalah dosen di setiap kesempatan kamu bertemu. Meskipun dosen itu cuek atau membalas sekadarnya, jangan putus asa. Ini bukan soal cari muka atau apa. Ini soal bagaimana membangun hubungan yang baik, baik antara guru dan murid maupun antar sesama makhluk sosial.

Jangan lupa sebutkan namamu di setiap percakapan dengan dosen yang bersangkutan

Nah, poin terakhir ini adalah poin yang paling ampuh menurut penulis. Ketika kamu berinteraksi dengan dosen, gantilah kata saya  dengan namamu sendiri. Misalkan kamu mendapati papan tulis sedang kotor saat dosen akan mengajar lalu tiba-tiba dosen itu ingin membersihkannya. Bangun dari tempat dudukmu dan tawarin aja “maaf pak/bu, biar Fadli bantu bersihkan papannya” (btw itu contoh pakai nama saya, ganti sama namamu ya!). Pokoknya di setiap kesempatan kamu berinteraksi dengan dosen, gantilah kata saya dengan namamu sendiri. Hal ini akan membantu dosen untuk bisa mengingat namamu.

Baca juga : 13 Pasal yang Wajib Dipahami Setiap Mahasiswa

Beberapa tips di atas sangat ampuh jika teman-teman pelajar atau mahasiswa coba terapkan. Tapi ingat ya, niat kita dalam bikin dosen kenal sama kita jangan sampai salah. Jangan sampai bantu dosen hanya gara-gara pengen dapat keuntungan di perkuliahan dan urusan dunia lainnya. Bantu dan hormatilah dosen kita sebagaimana kita menghormati orang tua sendiri. Semoga kamu beruntung dalam perkuliahan.

Baca Juga Yuk

11 Kesalahan Ini Bisa Bikin IPK Jelek di Akhir Semeter, Mahasiswa Baru Wajib Tah... Pelajar.me - Sebagai mahasiswa baru, kamu dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan pola pendidikan yang sama sekali berbeda. Dulu waktu sekolah masuk ...
7 Cara belajar efektif dan efisien Pelajar.in - Kegiatan belajar apakah harus lama? Kebanyakan dari kita mendedikasikan banyak waktu untuk belajar tapi tidak bisa mendapatkan hasil...
Pesan untuk mahasiswa baru, jadi mahasiswa itu gak enak! Pelajar.me – Pertama-tama dan terutama sekali, marilah kita mengucapkan selamat buat kamu yang sudah berhasil menembus perguruan tinggi yang kamu ingi...
7 Alasan Masuk Jurusan IPS yang Tepat dan Tidak Beberapa waktu lalu kami sempat membahas alasan masuk jurusan IPA, tentunya jika sudah dibahas tentang IPA, kami merasa perlu untuk mengemukakan alasa...