9 Cobaan Berat Anak Kos di Bulan Ramadhan

0
204
views
Sumber: malesbanget.com

Menjadi anak kos, dapat dibilang, merupakan sebuah cobaan. Betapa tidak, saat ngekos dan jauh dari keluarga kamu harus bisa belajar mandiri, hemat, berani dan segala macamnya. Dan tak jarang anak kos hidup dalam keterbatasan (baca: ala kadarnya), hari demi hari di masa-masa sulit perkuliahan atau awal-awal kerja. Hingga kemudian hari saat semuanya mulai membaik.

Bicara soal anak kos, sebenarnya banyak sekali cobaan yang dialami oleh anak kos yang menguji keteguhan hatinya. Kamu yang anak kos pasti paham. Namun cobaan tersebut dapat meningkat pada momen atau waktu tertentu, salah satunya adalah saat Ramadhan tiba, khususnya bagi mereka yang muslim.

Berikut sekelumit cobaan anak kos saat Ramadhan datang.

#1 Tak bisa menikmati sahur pertama bersama keluarga tercinta

sahur-bersama-keluarga
Sumber: Tribunnews.com

Bagi sebagian besar orang, ada tradisi untuk menikmati sahur hari pertama puasa bersama keluarga. Momen itu bisa juga dijadikan momen untuk saling meminta maaf kepada orang tua dan saudara. Hanya saja, bagi mereka yang kos jauh dari keluarga, sahur pertama seringkali dijalani sendiri atau bersama teman kos saja. Bermaaf-maafannya juga hanya lewat telepon. Sebenarnya hati rindu, tapi tetap bersabar dalam perjuangan itu.

#2 Telat bangun sahur itu sudah merupakan hal yang lumrah

telat sahur
Sumber: Pixabay.com

Cobaan berat anak kos ketika Ramadhan lainnya adalah sering telat bangun sahur. Bangunnya hampir-hampir imsak atau malah kelewat. Lantaran sudah terbiasa bergadang dengan seabrek tugas kuliah bagi yang pelajar, atau tugas kantor bagi yang sudah karyawan. Oleh karena itu mesti set alarm dengan volume maksimum dan di set setiap 10 menit sekali. Jam 3:00, 3:10, 3:20 dan seterusnya. Yang jelas mesti bangun, pasalnya kesibukan siang hari akan sangat menguras tenaga.

#3 Jam tidur jadi lebih lama kalau masih kuliah saat Ramadhan tiba

Sumber: Pixabay.com

Teman-teman yang masih kuliah/kerja saat Ramadhan lebih diuji lagi, pasalnya tugas menuntut agar lembur, sementara kamu baru bisa mengerjakannya setelah taraweh selesai. Akhirnya bimbang mau ninggalin taraweh demi tugas. Tapi eh tapi, belum ada jaminan kamu akan ketemu dengan Ramadhan tahun berikutnya, masa tarawehnya mau dilewatkan begitu saja? Rugi banget dong ya.

#4 Udah gak bisa buka bareng keluarga, menu berbuka juga hampir selalu sama

menu berbuka
Sumber: Hendra Wardhana – Kompasiana

Nyeseknya jadi anak kos itu ternyata bukan hanya saat sahur, tapi juga saat buka. Udah gak bisa sahur bareng keluarga, mana bukanya juga gak bisa. Belum lagi cobaan dengan menu berbuka yang itu-itu saja. Kalau minumnya bukan air putih ya teh manis. Nah makannya yang dijual di kedai atau bahkan mie instan!

#5 Kalau sudah tiba musim buka bareng teman, jatah jajan sebulan bisa jadi seminggu

Sumber: malesbanget.com

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana pengeluaran anak kos akan membengkak. Pasalnya, di setiap Ramadhan akan ada agenda buka bareng (BuBar) yang butuh duit. BuBar angkatan. BuBar organisasi. BuBar kosan. BuBar teman SMA. BuBar teman SMP, SD hingga TK sekalipun. Semakin banyak komunitas yang kamu ikuti maka semakin besar pula duit yang harus kamu gelontorkan. Alhasil, uang jajan yang seharusnya tahan sebulan hanya tahan beberapa minggu saja.

#6 Cobaan khusus bagi yang gak puasa: jarang ada warung makan yang buka!

Sumber: portalposlinggau

Jika mereka yang muslim diuji dengan puasanya, yang gak puasa juga ikut diuji karena jarang ada warung makan yang buka siang hari. Alhasil kamu harus masak sendiri atau malah nyeduh mie (mie lagi, mie lagi). Tapi meskipun begitu kamu tidak ngeluh, demi menghormati temanmu yang puasa. Demi toleransi antar umat beragama.

#7 Lupa mempersiapkan segala sesuatu untuk sahur

Terancam gagal sahur – Sumber: Pixabay.com

Pernah gak sih pas malam sebelum tidur niat mau masak nasi, tapi celakanya kamu lupa nurunin tombol┬árice cooker jadi “cook mode”. Udah gitu, stok mie instan juga kosong. Belum sempat masak atau beli lauk. Alhasil “harap bersabar, ini ujian!”.

#8 Ngabuburitnya kalau gak habis buat tidur, paling juga main game

Sumber: yeaharip

Anak kos itu hidupnya simpel, Sob. Kalau waktunya gak habis dengan urusan kuliah atau kerja, biasanya dihabiskan dengan tidur atau main game. Lebih-lebih di bulan Ramadhan, otak akan berpikir keras mengenai solusi menghabiskan waktu agar cepat sampai di bedug maghrib. Gak salah juga sih, tapi kalau bisa diisi buat yang nambahin pahala akan lebih bagus.

#9 Dan bakal gembira banget kalau dapat sumbangan takjil dari ibu kos dan tetangga

Hunting – Sumber: tobasatu

Berkah Ramadhan kerap hinggap pada orang-orang yang tulus berpuasa. Bagi anak kos yang hidup pas-pasan, bulan Ramadhan adalah bulan dengan banyak kemudahan. Pertama, waktu makan yang semula 3 kali sehari jadi 2 kali sehari. Udah gitu bisa berburu takjil gratis di mesjid-mesjid atau di tempat lain. Belum lagi kalau ada limpahan rezeki dari ibu kos atau tetangga, lengkap deh berkahnya.

Baca juga: 10 Hal Unik yang Cuma Ada di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa, bulan di mana umat muslim diuji dengan puasa dan menahan hawa nafsu mereka. Tatkala mereka dapat melewati semua itu dengan baik, maka Tuhan menjajikan maghfirah atau ampunan atas segala dosa yang pernah mereka lakukan. Oleh karena itu, meskipun banyak cobaan, terutama bagi anak kos, di bulan Ramadhan, jalanilah dengan sepenuh hati. Semoga setelah Ramadhan ini, kita semua dapat meraih kemenangan di lebaran, hari yang fitri.[]

Baca Juga Yuk

9 Hal yang Pasti Bikin Kamu Bangga Bisa Berkuliah di Universitas Andalas Universitas Andalas (UNAND) bisa dibilang sebagai kampus paling senior di antara saudara-saudaranya yang berada di luar pulau Jawa. Semenjak didirikan...
Ternyata Ini Alasan Anak Muda Indonesia Tidak Tertarik dengan Dunia Penelitian Pelajar.me - Jika kita pahami dengan benar, penelitian adalah salah satu poin yang amat penting dalam kegiatan perguruan tinggi, hal ini dijelaskan da...
Bukan Soal Cengeng, Inilah Manfaat Menangis yang Wajib Kamu Tahu Pelajar.me - Sahabat pelajar, kamu pasti pernah nangis, bukan? Entah karena apa, yang jelas menangis itu sebenarnya wajar. Pada satu-dua kondisi menan...
Kucing Lucu Ini Tiap Hari Datangi Kampus, Apa yang Dilakukannya? Pelajar.me - Apa kamu pernah mengamati seekor kucing? Apa saja kegiatan kucing yang biasanya kamu lihat? Dan, pernahkah kamu melihat kucing yang datan...