Jika Sahabatmu Punya 10 Sifat Ini, Pertahankan dan Jangan Pernah Lepaskan

Pelajar.me – Selain keluarga, sahabat adalah orang yang paling berharga dalam hidup kita. Sahabat adalah orang yang selalu ada buat kita baik saat suka maupun duka. Pokoknya sudah kayak saudara dan keluarga sendiri. Deket. Deket banget. Sampai gak ada saling rahasia-rahasiaan lagi. Tapi, tidak semua sahabat yang merupakan sahabat sejati.

Berikut ini sifat seorang sahabat sejati, jika sahabatmu punya sifat-sifat ini, pertahankan ia sekuat tenagamu. Jangan pernah lepaskan!

#1 Dia sering berkata pedas sama kamu, tapi pedasnya itu gak ada niat melukai melainkan karena dia peduli dan gak mau terjadi hal yang buruk sama kamu

Gak manis-manis mulut tapi super care

Beda sahabat sama teman itu salah satunya adalah omongannya. Kalau teman dia masih ada segannya sama kamu, tapi kalau sahabat gak lagi. Seringkali omongan sahabat kita terdengar pedas, tapi itu lebih baik saat dia jujur apa adanya dan pedasnya omongannya itu justru untuk menjaga kita. Misalnya nih, pas kamu lagi deket sama seseorang yang dia tahu hanya akan memanfaatkanmu, sahabat sejati tanpa banyak pertimbangan bakal larang kamu secara blak-blakan.

#2 Dia yang mungkin tidak selalu bersama kamu setiap waktu, tapi dia selalu tahu apa yang kamu lakukan dan apa yang terjadi padamu bagaimanapun caranya

Sahabat baik itu mungkin memang tidak bisa selalu bersamamu setiap waktu, sebab ia punya kesibukannya sendiri, dan kamu pun begitu juga. Tapi, dia selalu mempunyai cara untuk mengetahui apa yang terjadi padamu di waktu kalian tidak bersama. Dan dia siap dipanggil dan memberikan bantuan setiap kali kamu butuh uluran tangan.

#3 Lebay banget ngelarang ini itu, nyuruh ini itu, saat tahu kamu lagi sakit padahal cuma demam karena kurang vitamin aja

Suka khawatir berlebihan

Kadang suka lebay banget. Padahal kamu cuma demam dikit, tapi dia khawatirnya terlalu. Ngelarang ini dan itulah. Nyuruh ini dan itu. Bahkan karena saking nyiyirnya dia sampai lupa kalau yang kamu butuhkan sebenarnya cuma istirahat saja. Bukan macem-macem.

#4 Gak bisa tinggal diam saat dengar kamu dilecehin, dijahilin, dijelekin, dijahatin sama orang lain. Bahkan kalau perlu dia ajak berantem orang itu

Pantang banget bagi seorang sahabat sejati menyaksikan sahabatnya dilecehin atau diapa-apain sama orang lain. Harga diri sahabatnya adalah harga dirinya juga. Saat sahabatnya sakit, dia sakit juga. Maka, wajar jika dia sampai berani ngajakin berantem orang yang jahatin kamu meskipun sebenarnya hal itu tidak perlu. (Agar gak jadi berantem dan bermusuhan, kamu mesti beri pengertian sama sahabatmu.)

#5 Dia yang gak cuma deket saat kamu lagi banyak uang, tapi dia yang justru nawarin pinjaman atau traktiran meskipun kalian sama susahnya

Sahabat sejati

Sahabat sejati itu suka banget belagak punya banyak uang, padahal gak. Saat kamu membutuhkan bantuan ia bakal rela membagi uang simpanannya. Entah itu statusnya minjam, ngasih atau gimana. Yang jelas, dia gak bakal ninggalin kamu meskipun kamu tidak punya apa-apa. Sebab, persahabatan sejati tidak memandang materi.

#6 Dia yang gak malu nyeritain masalahnya sama kamu, bahkan meskipun itu adalah masalah pribadi seperti masalah keluarganya

Salah satu penilaian apakah persahabatan kita dengan seseorang sudah baik itu adalah seberapa terbuka kita dengan dia. Ketika sahabatmu sudah terbuka bahkan masalah pribadinya kepadamu, itu berarti dia sudah mempercayaimu dan yakin kamu bisa membantu mencarikan solusi atau minimal meringankan masalahnya. Kalau kamu menemukan sahabat yang seperti itu, jangan pernah khianati kepercayaan yang sudah dia beri itu.

#7 Saat kamu lagi down dia selalu support kamu, dia bisa bikin kamu tertawa bagaimanapun caranya, meski ia harus bertingkah konyol demi membuatmu kembali tersenyum

Saling support

Jadi konyol tak masalah. Seperti badut pun tak masalah. Satu-satunya masalah terbesar bagi dia adalah membiarkan kamu dirundung masalah. Dia tidak ingin kamu jatuh atau down karena masalah yang menimpamu. Oleh karena itu sebisa mungkin ia akan menghiburmu agar kamu dapat tersenyum dan melupakan sejenak masalahmu. Hingga kamu terbuka padanya dan kalian mencari jalan keluar bersama.

#8 Dia yang bukan tipe orang yang menusukmu dari belakang, tapi menamparmu dari depan, saat kamu berbuat kesalahan

Bedanya sahabat dengan teman biasa itu adalah kalau teman biasa besar potensi menusukmu dari belakang tapi kalau sahabat tidak akan tega melakukan itu. Dia justru tega menampar kamu dari depan, tujuannya adalah agar kamu sadar saat kamu membuat kesalahan dan agar kamu bisa memperbaiki diri lagi.

#9 Mulutnya tertutup rapat dari membicarakan keburukan-keburukan dan rahasiamu kepada orang lain, yang terbuka lebar untuk mengabarkan kebaikanmu pada orang lain

(bahasa.aquila-style.com)

Bukan sahabat namanya jika ia malah mengumbar keburukan dan rahasiamu yang ia ketahui. Sahabat itu adalah mereka yang mulutnya tertutup dari membicarakan keburukanmu, namun terbuka saat membicarakan kebaikanmu kepada orang lain.

#10 Tentu juga dia yang mengajakmu kepada kebaikan dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Semakin dekat kamu dengannya, semakin dekat pula kamu dengan-Nya

Sifat terakhir dan yang paling penting adalah, sahabat sejati adalah dia yang dengan sabar mengajakmu kepada kebaikan. Mengajakmu mendekatkan diri kepada Tuhan. Menceramahimu. Menasehatimu. Sebab ia tidak ingin persahabatan kalian hanya sebatas di dunia saja, melainkan juga di surga nantinya.

Mencari sahabat baik itu tidaklah mudah. Sahabat baik layaknya mutiara di laut terdalam. Ia amat sangat berharga sehingga akan sangat rugi jika kamu kehilangannya. Oleh karena itu kamu perlu menjaga dengan baik sahabat baikmu. Jika sahabatmu punya 10 sifat di atas tadi, pertahankan dan jangan pernah lepaskan. Ia adalah salah satu malaikat dunia yang Tuhan kirimkan kepada kamu.

Share dan tag sahabat baikmu agar mereka tahu bahwa bagimu mereka sangat berharga.

Baca Juga Yuk

Demi Masa Depan yang Cerah, 10 Alasan Ini Akan Buatmu Mantap Menunda Cinta Demi ... Mungkin banyak orang di luar sana yang beranggapan prinsip yang kamu pegang hari ini adalah prinsip yang aneh, tapi benar deh, kamu tidak perlu berpik...
7 Fakta Mencengangkan tentang Jurusan Pertanian yang Harus Kamu Tahu Pelajar.me - Hampir di semua kampus negeri ada yang namanya Fakultas Pertanian, di mana terdapat berbagai jurusan pertanian dimulai dari agribisnis, a...
7 Keuntungan Kuliah Jauh dari Orang Tua, Mahasiswa Perantauan Wajib Tahu Pelajar.me – Menjadi mahasiswa berarti harus siap menanggung semua tanggung jawab dan menghadapi segala halang dan rintangan. Ketika berganti status d...
12 Renungan Penting yang Wajib Diketahui oleh Setiap Aktivis Mahasiswa Pelajar.me – Kamu boleh mengaku sebagai seorang aktivis kampus. Katakanlah kamu adalah seorang mahasiswa “super” yang bisa melakukan sesuatu dalam sat...