Sebelum 2016 Berakhir, Inilah 7 Hal Penting yang Perlu Kamu Renungi

0
309
views
Sumber: ermaynee.wordpress.com

Pelajar.me – Entah waktu yang berjalan terlalu cepat atau malah kita yang bergerak terlalu lambat. Tapi, nyatanya saat tahun ini akan berakhir pula, tapi kita masih saja sama. Belum banyak berkembang. Kuliah seperti itu-itu juga. Setiap bulan masih nungguin kiriman orang tua. Dan, skripsi, jangan tanya lagi,… mumet sudah kepala ini. Tapi,… hei, masih ada waktu beberapa hari lagi sebelum tahun ini berakhir.

Nah, sebelum tahun ini berakhir, ada beberapa hal yang harus kamu renungi. Hal-hal itu adalah sebagai berikut:

#1 Nasib studi di sekolah atau kampus, pencapaianmu sudah sampai mana?

renungan tentang sekolahTahun akan segera berganti, semester baru akan segera datang. Perjuanganmu belajar selama satu semester ini akan segera diuji atau mungkin tinggal menunggu hasil. Sejauh ini telah beberapa semester telah kamu lalui, dan kamu akan masuk pada semester-semester akhir. Kamu akan jadi siswa atau mahasiswa tahun akhir (atau malah sudah). Kamu akan segera tamat, tapi kamu sendiri malah meragukannya. Mungkin karena persiapanmu masih belum sempurna, atau usahamu masih sekadarnya saja. Semangatmu belum juga membara.

Kira-kira dengan usaha yang seperti itu, hasil apa yang pantas diberikan untukmu? Tapi tenang, seseorang boleh lalai di masa lalu, tapi ia harus berubah menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Dan, karena tahun ini belum berakhir, masih ada waktu untuk kita mulai memperbaiki diri bukan? Memperbaiki semangat belajar misalnya.

Baca yuk : 50 Kutipan yang Dijamin Akan Mengobarkan Semangat Belajarmu

#2 Prestasi apa yang sudah membuat kedua orang tua dan keluarga bahagia

prestasi-bikin-orang-tua-bangga
Sumber: blog.bukalapak.com

Tanpa terasa tahun ini akan berakhir, dan telah ratusan hari kamu lalui. Namun pernahkah kamu bertanya-tanya pada dirimu sendiri, atau merenungi, tentang,… kapan terakhir kali kamu membuat orang tuamu tersenyum dan bahagia terhadap prestasi yang kamu raih? Pernah tidak, barang sekali saja, kamu bilang ke mereka mengenai hasil dari perjuanganmu di sekolah atau di kampus, nilai yang kamu dapatkan di setiap akhir semester?

Jika pernah, kira-kira sudah berapa kali kamu membuat mereka bangga? Sekali, dua kali, tiga kali atau berapa. Cobalah ingat-ingat juga, berapa kali dalam tahun ini kamu bikin mereka kecewa. Atau saking jahatnya kamu bikin mereka bersedih dan menangis… Jika kamu malah lebih sering melukai mereka, tak ada salahnya bukan jika meminta maaf, atau paling tidak berjanji pada diri sendiri bahwa untuk selanjutnya kamu akan banggakan mereka dengan prestasi-prestasi yang kamu torehkan. Tak muluk-muluk, nilai yang baik dan segera tamat itu sudah cukup. Tentu juga dengan berusaha menjadi anak yang sholeh /sholehah untuk mereka.

#3 Sudah pernah berpikir atau mencoba untuk mandiri apa belum?

mandiri-di-usia-muda
Sumber: liputan6.com

Namanya juga masih bujang atau gadis, masih bergantung pada orang tua. Ya, wajarlah kalau tiap bulan cuma bisa nungguin kiriman datang. Tapi bukan berarti kamu bisa bersantai-santai begitu, kamu pikir gampang mencari uang? Okelah kalau orang tua kita adalah orang yang bagus secara finansial. Namun bagaimana jika finansial mereka hanya cukup-cukupan? Udah gitu, sering minjam uang sana-sini hanya demi memenuhi kebutuhan kamu–atau bahkan keinginan-keinginan egois kamu.

Dari semua itu, pernahkah kamu berpikir untuk mandiri atau belum? Mungkin mencari kerja sampingan atau berbisnis kecil-kecilan. Mungkin juga dengan mencari beasiswa untuk meringankan tanggungan mereka. Atau paling tidak, berhemat-hemat agar tidak membuang-buang uang dengan percuma?

Ssstttt,… udah, gak perlu sedih. Masih ada waktu yang cukup untuk berubah kok 🙂

#4 Resolusi yang kamu buat di awal tahun dulu, sudah berapa persen terpenuhi

resolusi-tiap-tahun
Sumber: naughtyaccessories.co.id

Setiap kali tahun baru datang, satu hal yang sering digembar-gemborkan oleh orang banyak adalah mengenai resolusi satu tahun ke depan. Tentang pekerjaan-pekerjaan yang ingin mereka lakukan, pula pencapaian-pencapaian yang ingin mereka dapatkan. Yang seperti itu, apakah dulu kamu juga pernah membuatnya?

Jika pernah, kira-kira sudah berapa persen yang tercapai? Jika belum pernah, mungkin tahun depan kamu bisa bikin.

#5 Kapan kamu akan mengakhiri kesendirian, atau menghalalkan hubungan yang tengah kamu jalani

sendiri menjombloSalah satu hal yang patut direnungi di akhir tahun adalah hal yang berkaitan dengan hubungan. Sesuatu yang lebih khusus, hubungan dengan seseorang yang katakanlah tambatan hati *blushed*. Tidak dapat dipungkiri, setiap manusia punya fitrah untuk mencintai. Tentang kesendirian atau ke-jomblo-an yang tengah kamu jalani, itu juga perlu diperenungkan. Apakah tahun depan masih akan tetap menjomblo juga, atau tidak. Pun, bagi kamu yang sudah punya pasangan atau berpacaran, renungkanlah sampai berapa lama kamu akan nyaman dengan hubungan yang seperti itu? Bukankah lebih baik jika semuanya dihalalkan, biar tidak ada dosa yang kamu panen sepanjang tahunnya.

Ya, mungkin itu terdengar melankolis atau gimana, tapi ini juga bagian besar dalam kitab keberlangsungan hidup.

#6 Sudah berapa kali selama tahun ini ditanyai “kapan wisuda?”

wisuda-sarjanaBagi kamu mahasiswa tahun akhir, mungkin sudah tak lagi asing,.. dengan pertanyaan senada “kapan wisuda?”. Kira-kira dalam setahun ini, sudah berapa kali kamu ditanyai seperti itu? Dan, berapa kali kamu sakit hati atau cuek setiap kali ditanya.

Well, emang sih kita berhak menentukan hidup kita masing-masing, tapi kehidupan adalah serangkaian proses. Kalau kamu stuck di satu proses, kamu belum akan bisa melangkah ke tahap berikutnya. Buruan kejar dan dapatkan toga sarjanamu. Ingat, satu hari menunda skripsi atau wisuda sama dengan satu hari menunda pernikahan. *peace*

#7 Dibanding tahun lalu, apakah rapormu tahun ini lebih baik atau lebih buruk?

Sumber: ermaynee.wordpress.com
Sumber: ermaynee.wordpress.com

The last but not least, yang menjadi muara segala renungan. Kira-kira, apakah tahun ini kamu telah berhasil menjadi seseorang yang lebih baik dari tahun lalu? Andai saja kamu menerima rapor kinerjamu tahun ini, kira-kira rapor yang seperti apa yang akan kamu dapatkan? Tapi, apapun itu, yang jelas di sisa tahun yang ada dan di tahun depan kamu benar-benar harus menjadi lebih baik dari tahun ini. Sebab, orang yang hari ininya sama dengan kemarin adalah orang yang merugi.

Dan waktu selalu bergulir dengan cepat, meninggalkan hal-hal yang dilaluinya menjadi kenangan. Masa lalu tidak akan pernah bisa dikejar. Pun jika hingga saat ini kita belum berhasil menciptakan warna yang indah di masa lalu itu, kita masih punya kesempatan untuk mewarnai hari ini dan hari-hari di depan. Di sisa tahun ini dan tahun-tahun ke depan. Yang penting kita tetap berusaha untuk menjadi lebih baik untuk ke depannya.

Baca Juga Yuk

10 Penemuan siswa Indonesia yang mencengangkan dunia Pelajar.me - Mungkin kamu atau banyak orang di luar sana masih skeptis atau ragu dengan kemampuan siswa/i di negeri kita ini. Tapi, meskipun dalam ket...
10 Alasan Mengapa “Haram” Untukmu Melewatkan Kesempatan Student Exchange Sudah dari dulu sih yang namanya student exchange atau pertukaran pelajar itu bernilai prestisius. Saking prestisius dan berharganya, banyak dari para...
7 Keuntungan Kuliah Jauh dari Orang Tua, Mahasiswa Perantauan Wajib Tahu Pelajar.me – Menjadi mahasiswa berarti harus siap menanggung semua tanggung jawab dan menghadapi segala halang dan rintangan. Ketika berganti status d...
10 Pelajaran dari alam ini akan membangkitkan semangatmu Pelajar.me - Pernahkah kamu mendengar pribahasa "alam terkembang jadi guru"? Ia adalah kalimat sakti yang diwariskan secara turun-temurun, generasi ke...