Teknik Mesin dan Seluk Beluknya, Kamu Harus Tahu

Bagi admin pribadi, menulis tentang teknik mesin itu sangat gampang. Wong, saya dulu S1-nya di mesin, S2 juga di jurusan yang sama. Cuma S3-nya aja yang melenceng #eh. By the way, di kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai jurusan satu ini dari A sampai Z secara komprehensif atau lengkap (paling gak lebih lengkap dari web/blog lain). Kita akan bahas mulai dari pengertian teknik mesin, materi kuliah dan sebagainya.

Pengertian Teknik Mesin

Banyak banget orang yang salah kaprah mengenai pengertian teknik mesin. Karena kesalahan ini lah muncul paradigma di benak masyarakat kalau anak teknik mesin itu kerjanya di bengkel atau tempat-tempat lain yang masih berkaitan dengan otomotif. Padahal bidang kerja anak teknik mesin itu sangat-sangat luas. Boleh dibilang hampir setiap industri besar butuh lulusan teknik mesin di dalamnya.

Secara sederhana teknik mesin adalah ilmu yang mempelajari aplikasi fisika (fisika terapan) untuk analisis, desain, manufaktur hingga pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Sebenarnya lebih tepat untuk disebut teknik mekanik karena dalam bahasa Inggris jurusan teknik mesin disebut mechanical engineering bukan machine engineering. Jadi pengertian teknik mesin itu pada dasarnya luas, hanya beberapa orang yang belum tahu menyempitkan maknanya.

Materi Kuliah Teknik Mesin

Secara umum, ada 4 kelompok utama dalam bidang teknik mesin. Hampir di semua universitas yang mengelola teknik mesin menjadikan kelompok ini sebagai bagian utama dari jurusannya tersebut. Keempatnya akan kita bahas di bawah ini.

Perancangan Mekanik dan Konstruksi

Bagian pertama dari teknik mesin adalah bidang mekanik dan konstruksi. Bidang ini meliputi konstruksi mesin, statika, mekanika fluida, dinamika partikel dan sebagainya. Ahli bidang mekanik dan konstruksi biasanya memiliki kemampuan untuk mendesain sebuah produk, baik produk itu sebuah part ataupun assembly. Selain itu, mereka yang fokus ke bidang ini juga dapat membuat perancangan lengkap dengan hitung-hitungan dan sebagainya.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan sepeda motor ingin mendesain sebuah motor utuh sebagai produk andalan mereka. Mereka akan butuh lulusan teknik mesin bidang ini untuk membuat model motor, memilih mesin, merancang sistem suspensi, menghitung beban dan sebagainya.

Proses Manufaktur dan Sistem Produksi

Ketika S1 dulu, saya berada di bidang ini. Di bidang manufaktur dan produksi, seseorang akan belajar mengenai seluruh proses manufaktur yang ada. Dimulai dari pengecoran, pembentukan, tempa, metalurgi serbuk, permesinan dan sebagainya. Selain itu mereka juga akan belajar bagaimana alur produksi, bagaimana pemilihan proses untuk sebuah produk yang telah didesain oleh insinyur mesin bidang mekanik dan konstruksi tadi.

Kita lihat contoh tadi, misalkan dalam pembuatan blok piston, sumbu roda, rangka mesin, baut dan sebagainya. Itu butuh proses produksi yang berbeda-beda dengan tools yang berbeda juga. Memilih proses itu juga ada aturannya lho, gak main sembarang pilih aja. Jadi memang harus ada ahli khusus di bidang ini agar rantai produksi itu berjalan dengan baik dan semestinya.

Konversi energi

Masih soal sepeda motor nih, pernah gak kamu kepikiran gimana cara sebuah motor bisa berjalan? Bagaimana bahan bakar bisa memberikan energi pada mesin? Bagaimana suatu energi bisa diubah dari satu bentuk ke bentuk lain? Bagaimana menghitung rugi-rugi energi yang terjadi, hingga bagaimana mendapatkan sumber energi baik yang konvensional maupun terbarukan. Semua itu dipelajari di bidang konversi energi teknik mesin.

Untuk mesin kendaraan motor sendiri nih ada pula macam-macamnya. Mesin untuk kendaraan berbahan bakar bensin itu beda dengan solar. Yang satu pakai motor bakar biasa (siklus yang digunakan adalah siklus otto) sedangkan satu lagi pakai motor diesel (siklus yang digunakan adalah siklus diesel). Ketika kamu masuk teknik mesin kamu bakal tahu banyak hal yang sebelumnya kamu masih awam. Dan bakal bergumam “oh, ternyata begitu ya…”.

Ilmu Bahan atau Material

Satu hal yang juga sangat penting dari ilmu teknik mesin adalah bidang materialnya. Karena proses produksi tidak akan berjalan kalau tidak ada yang memilihkan material yang cocok. Pemilihan bahan ini juga ada ilmunya lho. Secara umum bahan yang ada di dalam itu dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu logam, polimer dan keramik. Namun ada satu jenis material baru yang merupakan campuran dari 3 material dasar tadi, bahan ini disebut komposit.

Universitas yang Ada Teknik Mesin

Seperti yang saya katakan di awal tadi, kebutuhan akan insinyur teknik mesin itu besar. Bahkan ada anggapan dari banyak orang di dunia, kemajuan suatu negara itu bergantung dari seberapa banyak lulusan tekniknya. Tahukah kamu kenapa sekarang Indonesia tertinggal oleh India? Karena India punya lebih banyak sarjana teknik. Nah, bagi kamu yang memang minat masuk teknik mesin, banyak kampus di Indonesia ini yang menyediakan jurusan satu ini.

Katakanlah, setiap ada fakultas teknik di suatu kampus, jurusan teknik mesin wajib ada. Namun, kami bisa merekomendasikan padamu beberapa kampus dengan jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia. Kamu bisa membaca ulasannya pada artikel kami sebelumnya, silakan klik tautan berikut ini: http://pelajar.me/jurusan-teknik-mesin-terbaik/

Prospek Kerja Teknik Mesin

Tentu saja keinginan kita untuk berkuliah dibarengi dengan keinginan kita untuk dapat bekerja setelah tamat nanti. Saya gak mau nyinyir deh, seperti yang saya bilang. Seorang lulusan teknik mesin punya peluang yang besar untuk diserap di dunia kerja. Pasalnya banyak sekali industri yang butuh mereka di berbagai pos pekerjaan. Kamu bahkan juga bisa bekerja di pertambangan, perminyakan bahkan perusahaan energi seperti listrik dan lainnya.

Kalau mau tau lebih rinci tentang prospek kerja ini kamu juga bisa baca artikel kamu yang sebelumnya di tautan berikut ini: http://pelajar.me/prospek-kerja-teknik-mesin/

Kuliah dan Praktikum

Seperti umumnya mahasiswa teknik lainnya, di mesin seorang mahasiswa harus melalui perkuliahan dan masa praktikum. Praktikum diadakan di semua bidang kajian. Di beberapa kampus mungkin saja masih ada penentuan bidang fokus mahasiswa, artinya pada semester ke sekian mereka harus memilih fokus ke bidang yang mana dari yang 4 tadi. Tapi sebagian besar kampus sudah tidak memberlakukan itu, artinya setiap mahasiswa bisa mempelajari semua bidang.

Hanya saja, jika kamu memang sudah punya rencana untuk jadi insinyur bidang material kamu bisa ambil jurusan kuliah Teknik Material, atau Teknik Metalurgi (khusus logam) yang disediakan oleh kampus tertentu. Kedua jurusan itu turunan dari ilmu teknik mesin. Selain itu juga ada teknik pertambangan dan teknik perminyakan yang merupakan gabungan dari ilmu teknik mesin dan beberapa bagian teknik kimia.

Yang jelas, ketika kamu memutuskan untuk kuliah di mesin kamu harus siap untuk menjalani kuliah dan praktikum sekaligus. Berhadapan dengan banyak tugas dan laporan praktikum. Tidur agak telat dari biasanya dan mudah sakit kepala. Ya namanya juga kuliah, mana ada yang mudah.

Cowok dan Cewek Mesin

Kalau sudah membahas mengenai teknik mesin rasanya gak afdol kalau gak bahas cowok sama cewek mesin. Bukan apa-apa ya, mahasiswa/i mesin itu selalu disegani. Bahkan tak jarang mereka dijadikan ketua ketika ada pemilihan ketua apa gitu. Cowok dan cewek mesin itu punya aura yang khas dan punya daya tarik.

Berapa banyak mahasiswa mesin yang secara tampilan acak-acakan tapi laku juga. Mungkin banyak orang yang beranggapan cowok mesin itu kaku, gak romantis dan bla bla bla. Padahal sebenarnya mereka hanya tak suka dengan hal-hal yang nyeleneh, mereka mah tabiatnya to the point dan suka yang pasti-pasti. Lebih suka bertindak daripada berkata-kata. Dan terkait keberadaan cewek di mesin itu bisa dibilang sebagai primadona atau tuan putri. Pasalnya jumlahnya sangat sedikit. Cewek mesin itu benar-benar dihargai dan didahulukan dalam berbagai hal. Intinya bagaimana membuat mereka nyaman kuliah di mesin, di antara sekian banyak laki-laki.

Nah sobat, itulah ulasan kami mengenai teknik mesin. Mudah-mudahan artikel yang singkat ini bisa membantumu dalam mengenal lebih jauh jurusan satu ini. Penulis sendiri sadar bahwa artikel ini belumlah lengkap karena kalau ditulis semuanya bakal sangat panjang. Jadi, kalau ada pertanyaan jangan malu untuk buat di kotak komentarnya. Insyaa Allah akan penulis jawab, jangan lupa sertakan kontakmu juga (seperti email) agar kami bisa menghubungi. Semoga beruntung dan salam semangat.

Baca Juga Yuk

Kuliah di Jepang Jadi Mungkin dengan Cara Ini Semasa di kampus, banyak dari teman-teman penulis yang pengen banget kuliah di Jepang. Kalau-kalau S1 mereka sudah selesai, S2-nya pengen di Jepang. U...
7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tak Menyesal Tips memilih jurusan – Teman-teman pelajar yang berbahagia, terlebih buat kamu yang akan masuk ke perguruan tinggi, memilih jurusan adalah salah satu ...
12 Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia Jurusan Farmasi Terbaik - Farmasi adalah salah satu jurusan bidang kesehatan yang selalu menjadi salah satu jurusan terfavorit hampir di semua univers...
8 Sekolah Kedinasan Rekomendasi Terbaik Untuk Kamu Sekolah kedinasan atau sekolah ikatan dinas memang menjadi salah satu pilihan favorit bagi lulusan SMA yang ingin lanjut ke pendidikan tinggi. Apalagi...
  • Hisyam Garuda Pratama

    Bang, saya sekarang duduk di bangku kelas 12 dan beberapa minggu lagi sudah menghadapi UN. Saya ada minat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan teknik mesin, apalagi mesin mobil saya sangat ingin mempelajari. Nah, saya mau minta tips tips nya bang, mulai dari sekarang saya harus bagaimana? Dan kemampuan/syarat masuk teknik mesin itu bagaimana? Trimakasih bang.

    • Halo Hisyam, tipsnya persiapkan diri dengan baik untuk SNMPTN dan SBMPTN dulu. Di teknik mesin nanti kita gak melulu belajar soal mesin lho. Tapi juga hal-hal lain seperti material, proses produksi, energi dan lain-lain. Kebanyakan mata kuliah di teknik mesin itu fisika terapan, jadi kamu harus mau belajar fisika. Kalau syarat atau kemampuan khusus sih gak ada, yang penting niat dan stamina karena kuliah di mesin itu cukup berat hehe

      • Hisyam Garuda Pratama

        Kalo nilai minimal untuk fisika di USBN/UN/SBM ada nggak mas?

        • Gak ada. Intinya cuma kamu bisa pass atau melewati seleksi SNMPTN atau pun SBMPTN. Kalau buat SBMPTN usahakan semua bagian soal ada yang benar. Kalau misal kamu kurang kuat di Fisika, lebihkan di mata pelajaran lain. Dan satu lagi, untuk tes dasar dan TPA nya dimaksimalkan. Semoga beruntung 😀

  • Hanantasena Wahyu

    Saya sekarang kuliah di program studi Teknik Mesin di salah satu PTN di Indonesia. Tapi sampai memasuki perkuliahan di tahun kedua ini saya sangat lemah dalam hal desain dan pada bidang lain seperti konversi energi dan material saya juga tidak sekuat teman-teman yang lain. Apa pada saat memasuki dunia kerja semua materi di perkuliahan itu akan berpengaruh?
    Terima kasih. Mohon pencerahannya

    • Halo Wahyu, terima kasih pertanyaannya. Jawabannya tidak berpengaruh. Jurusan teknik mesin secara umum ijazahnya general alias bisa dipakai ke sektor apapun. Bahkan bisa masuk ke perminyakan dan pertambangan juga. Kecuali kalau prodi turunan teknik mesin seperti teknik metalurgi, teknik perkapalan dll. Jadi kamu gak perlu khawatir.

      Selain itu, ketika akan bekerja nanti akan ada training atau pelatihan seperti OJT (On Job Training) dan lainnya. Jadi secara langsung materi perkuliahan tidak terpakai, namun pada kasus tertentu seorang engineer mesin memang harus membuka dan membaca kembali materi kuliahnya dulu. Tapi beda sama saat kuliah, saat kerja kan bisa lihat handbook atau panduan lainnya 🙂

      Kalau di ketiga bidang lainnya kurang kurang, bidang produksi/manufaktur mungkin bisa dilirik. Semoga jawabannya cukup. Kalau belum silakan tanyakan lagi

      • Hanantasena Wahyu

        Terima kasih atas jawabannya
        Saya mau tanya lagi, kak. Apa posisi kerja yang bisa saya ambil di industri jika saya lemah di desain? Terima kasih

        • Bagian maintenance atau pemeliharaan bisa diambil. Pekerjaannya juga tidak terlalu sibuk.